Tingkatkan Publikasi Artikel Ilmiah Mahasiswa, Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Surakarta Siapkan Program Pendampingan Daring

Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia Surakarta siapkan kegiatan pendampingan daring penulisan artikel ilmiah khusus bagi mahasiswa aktif semester 6 dan 8 di Program Studi Karawitan, Etnomusikologi, Teater, Tari, dan Pedalangan. Reizki Habibullah, S.Pd., M.Sn selaku Ketua Panitia mengungkapkan, jika pendampingan daring ini bertujuan untuk menghasilkan dan meningkatkan kemampuan serta kualitas publikasi ilmiah mahasiswa di lingkungan Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring pada jumat, 23 April 2021 dengan menghadirkan dua narasumber yang berkualitas dan memiliki kompetensi dibidang publikasi ilmiah, yakni Dr. Stepanus Hanggar Budi Prasetya, S.Sn., M.Si dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta, dan Assist. Prof. Sularso, M.Sn dari ASCEE Viperarts Society, Indonesia selaku Managing Editor International Journal of Visual and Performing Arts.

Sularso, yang juga sebagai Dosen Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta secara terpisah menjelaskan “Perkembangan riset di perguruan tinggi saat ini perlu didorong secara maksimal agar dapat mempromosikan pembangunan kawasan dan daya saing internasional. Agar dapat mewujudkan world class research university, strategi memaksimalkan hasil penelitian perguruan tinggi, transfer pengetahuan dan inovasi untuk memberdayakan komunitas regional, dan mempromosikan kemitraan strategis dan transformasional melalui publikasi ilmiah adalah salah satu kunci persaingan ditingkat global.”

Sejalan dengan hal tersebut, salah satu indikator penilaian keberhasilan kinerja perguruan tinggi sebagai world class research university adalah peningkatan kemampuan meneliti serta produktivitas penelitian dan publikasi hasil penelitian dari para dosen dan mahasiswa. “Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa ini target utamanya meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi mahasiswa, agar mereka dapat memenuhi syarat kelulusan” terang Reizki Habibullah, S.Pd., M.Sn yang juga Dosen Etnomusikologi ISI Surakarta.

Reizki Habibullah, S.Pd., M.Sn juga menjelaskan, “Program pendampingan ini pertamakali diselenggarakan, tahapan kegiatan ini diawali dengan prosedur pendaftaran sekaligus pengumpulan artikel ilmiah hasil riset mahasiswa aktif semester 6 dan 8 Fakultas Seni Pertunjukan ISI Surakarta kepada panitia. Setelah sesi pendampingan selesai, mahasiswa kembali mengirimkan artikel hasil workshop pendampingan kepada panitia untuk mengikuti seleksi dan pendampingan submitting jurnal oleh panitia”.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan mahasiswa dapat terbantu dalam mengenali tempat publikasi jurnal yang sesuai dengan isu yang ditulis dan diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut disetiap tahunnya. Kami juga akan meningkatkan berbagai kerjasama dengan berbagai pihak dalam hal peningkatan kualitas publikasi untuk mewujudkan tujuan kami menuju world class research university.” Pungkasnya.

Komentar Anda
Monggo, disebarkan...